Pengalaman menggunakan t-cash

Seperti yang kita tahu, t-cash adalah e-money yg diciptakan oleh Telkomsel untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi tanpa repot2 membawa uang, nggak juga sih.


Sebenarnya sudah lama saya penasaran dengan t-cash ini. Namun, kesampaian juga keinginan saya untuk menggunakan t-cash pada 20 November yg lalu. Kebetulan hari itu sekolah saya sedang mengadakan acara dan kebetulan juga ada booth Telkomsel. Langsung saja saya datang ke booth Telkomsel dan meminta hp saya untuk di aktivasi kan t-cashnya.

Ternyata proses aktivasi nya tidak selama yg saya bayangkan. Cukup sekitar 7 menit saja, hp saya sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi menggunakan t-cash. Pada saat di-aktivasi, saya hanya ditanya untuk memasukkan 6 digit pin sesuai keinginan (seperti pin di atm).
Saya meminta sticker NFC ini untuk dipasangkan di pojok kanan atas supaya terlihat keren dan tidak mengganjal saat saya memegang hp.

Menurut artikel yg telah saya baca, apabila kita mendaftar di GraPARI, maka sticker NFC t-cash ini seharga Rp 5000 dan minimal saldo awalnya Rp 50000. Apabila kita menggunakan kartu halo, maka kita akan langsung menjadi full service. Dan jika kita menggunakan Simpati atau kartu AS, maka kita hanya terdaftar sebagai basic service. Apabila full service, maka saldo maksimal dapat mencapai Rp 5.000.000 sedangkan basic service maksimal saldo nya hanya Rp 1.000.000. selain itu, pengguna full service juga dapat mentransfer uang kesesama pengguna t-cash, dan ada beberapa kelebihan lain yang hanya dimiliki pengguna full service yg tidak tersedia pada pengguna basic service.

Nah, ternyata, Telkomsel sedang ada promo saat hadir disekolah saya. Jadi, sticker NFC t-cash nya gratis, dan minimal saldo nya hanya Rp 10000 saja. Saya pun langsung mengisi saldo sejumlah Rp 20000.

Disamping booth Telkomsel, ada booth makanan khas Jepang, Ice cream Walls, dan McD yg sedang mengadakan promo apabila membayar menggunakan t-cash.

Saya memilih untuk membeli sushi yg setelah promo menjadi Rp 5000. Yap, saya memilih yg paling murah (prinsip anak sekolahan, hehe).

Saya disuruh untuk men-download app t-wallet oleh mbak2 GraPARI nya untuk men-check sisa saldo. Saya juga disarankan untuk membuat pass saat sign up sama dengan no. Pin (mungkin supaya tidak lupa). Berikut beberapa isi dari app t-wallet tsb.



Esoknya, saat perjalanan pulang dari sekolah. Saya singgah sebentar di Indomaret untuk mencoba melakukan transaksi t-cash ini. Akan tetapi transaksi ini gagal, karena saat kasir nya minta no. Token, saya malah ngasih no. Pin (maklum, belum ngerti). Untung saja saya masih ada uang cash.

Sesampainya dirumah, saya masih penasaran untuk melakukan transaksi menggunakan t-cash ini. Alhasil saya langsung berangkat menuju indomaret terdekat. Daaan.. kasir nya tidak mengerti cara untuk bertransaksi menggunakan t-cash.. gagal lagi-_-

Jadi, kesimpulannya.. menurut saya t-cash ini lumayan bermanfaat bagi saya untuk sombongin keteman kalau saya sudah menggunakan t-cash. Tapi belum bermanfaat bagi saya untuk melakukan transaksi di toko2 retail karena saya lumayan sering ke Indomaret. Harapan saya kepada Telkomsel untuk kedepannya. mohon ditambah lagi merchant2 yang bekerja sama dengan t-cash, tolong sosialisasikan kepada kasir nya supaya bisa untuk melakukan transaksi menggunakan t-cash ini, Dan mohon juga disampaikan kepada calon pengguna t-cash bagaimana cara melakukan transaksi di merchant2 yang tersedia..hehe.

Oh iya, saya belum mencoba melakukan transaksi di KFC, McD, XXI, dll. Saya hanya baru mencoba t-cash ini di Indomaret. Jadi saya tidak tahu apakah bertransaksi menggunakan t-cash dibeberapa merchants  tsb. berjalan lancar atau tidak.
Saya juga belum pernah mengisi saldo kembali setelah isi saldo pertama kali saat mendaftar t-cash. Jadi saya tidak begitu tahu bagaimana caranya. Yg saya tahu hanya dimana saja tempat pengisian saldo t-cash ini. Yaitu di GraPARI, Indomaret, ATM Bersama, dll.

Untuk yg ingin tahu lebih lanjut tentang t-cash, klik saja disini.

Sekian blog saya kali ini mengenai t-cash.. semoga bermanfaat.. bye






Comments

Popular posts from this blog

Cara unlock 4g di OnePlus X

Anak IPA jiwa IPS